Natal Bersama Wilayah Cipaku

Masih dalam suasana Natal 2019, pada 4 Januari 2020, umat wilayah Santo Stepanus Cipaku merayakan sukacita Natal bersama anak anak panti asuhan Bina Harapan yang beralamat di jalan Jendral Sudirman No.7 Bogor (seberang RM Yunsin). Panti Asuhan milik gereja Zebaoth saat ini menampung 26 anak asuh. Acara yang dimulai sekitar jam 10.30 ini  dibuka dengan doa pembukaan oleh Ibu Kirana dari SSV SFA disambung dengan kata sambutan dari Bapak Herman Tjahyana selaku ketua panitia dan ketua wilayah yang pada intinya berharap bahwa melalui acara Natal ini bisa terjalin keakraban dan bisa saling mengenal antar umat wilayah Stepanus yang terbagi dalam 4 lingkungan .Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ibu Sofie salah satu pengasuh Panti Asuhan ini sekaligus ucapan terima kasih atas kasih dan perhatian dari umat wilayah Stepanus kepada anak anak panti asuhan.

Renungan oleh Romo RD Agustinus Adi Indiantono yang mengambil tema Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang menjadi renungan dan refleksi yang sangat menyentuh kalbu diambil dari injil Yohanes 15 : 14 – 15. Bahwa banyak tipe sahabat yang dijumpai dikehidupan ini antara lain Tipe sahabat seperti pohon cemara yang tidak memiliki pendirian. Ada juga Tipe sahabat seperti benalu yang tidak memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. Dan ada juga tipe sahabat seperti pohon pisang yang gampang sekali tersinggung lalu pergi. Kemudian ada tipe sahabat seperti pohon kelapa yang  bertemperamen keras kepala. Tetapi Yesus mencintai semua orang dengan rela berkorban dikayu salib dan menjadi sahabat yang setia. Maka jadikanlah dirimu seperti pribadi Yesus dengan saling mengasihi seorang akan yang lain.

Acara yang dipandu sejak awal oleh Bapak Ferdy dan Ibu Yuni cukup menambah semarak suasana natalan ini apalagi telah tersedia banyak door prize yang disisipkan disela sela acara yang disuguhkan pada acara ini. Apalagi keikutsertaan Mie Sedap yang  menyediakan mie rebus gratis kepada para peserta Natal dimana pada saat acara berlangsung keadaan cuaca diluar mendung sehingga sangat mendukung. Untuk menambah keakraban diantara anak anak peserta dan anak anak panti asuhan disuguhkan games yang menarik seperti game pesan berantai, didahului dengan game mengenal nama 5 peserta dalam group dan dibagi menjadi  5 kelompok peserta pesan berantai. Pentas seni dari anak anak panti dengan menyanyikan lagu GIVE THANKS dan Bersyukurlah Kepada Tuhan menjadi penghangat suasana keakraban serta dilanjutkan dengan sharing dari anak panti yaitu oleh Siska dan Yoan serta Ibu Sofie salah seorang pengasuh panti yang memberikan sedikit gambaran mengenai kehidupan didalam panti yang bagi mereka  menjadikan para anak panti menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab serta dapat  membangun hubungan  yang baik dengan sesama, memiliki toleransi yang tinggi serta memiliki  iman yang kuat dan tak mudah menyerah dengan keadaan karena mereka sadar bahwa Yesus menjadi sumber kekuatan mereka.

Kemudian acara dilanjutkan dengan menari bersama baik anak anak panti serta para hadirin. Setelah itu Bapak Herman Tjahyana memimpin doa makan berhubung sudah waktu untuk makan siang. Setengah jam waktu yang tersedia untuk makan siang karena masih ada acara utama sebagai kepedulian dari umat wilayah Stepanus Cipaku untuk berbagi kasih melalui pemberian sumbangan berupa bingkisan dan kado serta sedikit sumbangan uang untuk panti asuhan yang diserahkan oleh ketua wilayah dan umat. Demikian juga SSV SFA memberikan sedikit sumbangan dari salah satu donaturnya, sekaligus mengundang dan mengajak anak panti untuk makan Mie Yun Sin pada keesokan harinya sebagai ungkapan rasa syukur seorang donatur yang berulang tahun yang ke  71 tahun. Acara foto bersama menjadi bagian akhir acara Natal wilayah Stepanus serta pembagian goody bag bagi anak anak yang hadir dan pembagian souvenir sumbangan dari donatur untuk seluruh peserta Natal yang hadir.

( Deddy Yanto )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *