Gereja dimasa Pandemi Covid-19

Penetapan PSPB yang dilakukan pemerintah akibat pandemi covid-19 ini, menghentikan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah, dan diminta untuk melakukan di rumah masing-masing. Untuk tetap menjawab kerinduan umat akan misa ekaristi maka di beberapa Gereja di Keuskupan Bogor mengadakan misa live streaming. Sebetulnya apa itu Live Streaming? Menurut para ahli live  streaming adalah istilah yang mengacu pada konten yang disiarkan langsung melalui media internet.

Sebetulnya bisa dibilang “nekat” dengan keterbatasan sumber daya dan bermodalkan perlengkapan  seadanya, tim live streaming yang dibentuk secara “mendadak” mau menjawab tantangan untuk memenuhi kerinduan umat St. Fransiskus Asisi dalam mengikuti Misa Ekaristi termasuk didalamnya Perayaan Tri Hari Suci. Bahkan diboyong ke Rangkas Bitung untuk melakukan live streaming dalam pembukaan bulan Maria di Gua Maria  Kanada yang dipimpin oleh Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur. Dalam sejarah dunia, ini adalah kali pertama perayaan ekaristi di Gereja dilakukan secara live streaming, juga kali pertama tim yang dibentuk melakukan live streaming, maka wajarlah bila diawal-awal banyak kekurangan disini dan disitu.  

Bagai gading yang tak retak, kegiatan live streaming di Paroki Sukasari pun belumlah sempurna 100 %. Meskipun demikian kerinduan umat untuk mengikuti perayaan ekaristi di paroki sendiri perlu mendapatkan jawaban. Nah, untuk umat paroki yang mau mengikuti misa ekaristi secara live streaming bisa mengikuti melalui kanal Youtube : Berita Paroki SFA Sukasari.

( Anto – all foto by Anton )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *