Coronavirus Disease (COVID-19)

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Corona virus adalah virus yang menyerang system pernafasan sehingga dapat menyebabkan gangguan pada system pernafasan, pneumonia akut, hingga kematian. Corona virus yang mempunyai kemampuan menyebar dengan cepat mempunyai kelemahan mudah hancur oleh : • Penghancur lemak • Detergen • Disinfektan

CARA PENULARAN Virus corona menular pada manusia melalui percikan ludah (droplet infection), yang artinya virus keluar dari tubuh penderita lewat percikan ludah saat batuk, bersin, ataupun berbicara.

CIRI-CIRI Pasien yang terinfeksi virus corona menunjukkan ciri-ciri yang kerap ditemukan pada pasien dengan gangguan pernafasan, antara lain : • Demam • Sakit kepala • Flu • Sesak Nafas • Batuk parah • Sakit tenggorokan Berawal dari gejala diatas, virus corona dapat mengakibatkan kondisi yang lebih parah jika sudah sampai paru-paru akan merusak fungsi paru-paru dan selanjutnya dapat mengganggu saluran pernafasan bagian bawah seperti pneumonia dan bronchitis.

CARA PENCEGAHAN

1. Hand Hygiene Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau antiseptic berbahan dasar alkohol 60%-95% sesering mungkin selama paling sedikit 20 detik. Mengapa? Karena dapat menghilangkan virus di tangan Anda terutama setelah dari toilet, sebelum makan, dan setelah memegang hidung dan mulut anda saat bersin atau batuk.

2. Respiratory Etiquette Terapkan etika batuk yang benar; saat bersin atau batuk tutup mulut dan hidung anda dengan tissue yang segera dibuang ke tempat sampah atau dengan bagian dalam lengan anda. Mengapa? Karena dengan menutup mulut dan hidung akan mencegah penyebaran kuman dan virus. Jika menutupnya dengan tangan bisa saja Anda menularkan virus atau kuman ke orang lain yang Anda sentuh.

3. Voluntary Home Isolation Tinggallah di rumah dengan sukarela apabila anda sedang sakit dengan gejala-gejala gangguan saluran pernafasan. Mengapa? Karena dengan demikan anda membantu memperkecil kemungkinan penyebaran virus Tetapi jika anda terpaksa untuk keluar rumah maka gunakanlah masker.

CARA MENGGUNAKAN MASKER • Sebelum menyentuh masker, cucilah tangan Anda terlebih dahulu • Ambil sebuah masker dan pastikan tidak ada noda kotoran atau lubang/ sobekan pada setiap sisi masker • Tentukan sisi atas masker yang ditandai dengan adanya kawat hidung dan tempatkan pada bagian atas • Tentukan yang mana sisi luar dan sisi dalam masker. Sisi luar biasanya ditandai dengan bagian berwarna dan permukaan yang lebih kasar serta lipatan • menghadap ke bawah, sedangan sisi dalam biasanya berwarna putih dan memiliki permukaan yang lebih halus • Setelah terpasang upayakan tidak memegang masker • Selesai digunakan, lepaskan masker lalu lipat masker bekas tanpa menyentuh bagian luar masker dan buang pada tempat sampah • Kembali cuci tangan Anda

4. Environmental Health Action Secara rutin membersihkan permukaan dan benda-benda yang sering disentuh orang. Mengapa? Karena mungkin saja permukaan tersebut terkontaminasi virus dari mereka yang sudah terinfeksi.

5. Pertahankan jarak dengan orang lain setidaknya 2 meter Khususnya mereka yang sedang batuk, bersin, dan demam. Mengapa? Karena seseorang yang terinfeksi penyakit saluran pernafasan seperti virus corona, batuk atau bersin akan memproduksi partikel kecil yang mengandung virus. Jika kita terlalu dekat bukan tidak mungkin kamu menghirup virus tersebut.

6. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Mengapa? Karena tangan kita menyentuh banyak permukaan yang bisa saja terkontaminasi virus, sehingga bisa saja Anda memindahkan virus dari permukaan benda tersebut ke dalam tubuh Anda.

7. Jika Anda demam, batuk, atau susah bernafas, segera cari bantuan medis Mengapa ? Bisa saja sakit Anda disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atau kondisi serius lainnya (dimana virus corona bisa jadi salah satu penyebabnya)

8. Menjaga stamina tubuh dengan makan makanan bergizi yang seimbang terutama perbanyak sayur dan buah-buahan, istirahat yang cukup, dan berolah raga Mengapa? Karena dengan demikian anda dapat meningkatkan antibodi yang baik untuk melawan kuman atau virus itu bersarang pada tubuh anda

Bagaimanakah cara antibodi dalam tubuh kita melawan virus tersebut? Tubuh kita memiliki kemampuan untuk mengeluarkan antibodi (virus hanya dapat dikalahkan oleh antibodi sedangkan antibiotik untuk melawan bakteri) pada hari ke 7 setelah virus memasuki tubuh kita (diawali dengan bersin, pilek, batuk, demam). Tubuh kita akan mengeluarkan antibodi secara maksimal pada hari ke 14, saat inilah antibodi dipakai untuk melawan virus yang memasuki tubuh kita.

( Komisi Kesehatan Keuskupan Bogor )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *