“Bergoglio Muda” dan “PAUS FRANSISKUS”

“Bergoglio muda” dan “PAUS FRANSISKUS” : Dua Perangko untuk peringatan 50 tahun Tahbisan Imamatnya

Tanggal 13 Desember 2019 mendatang, Paus Fransiskus akan genap merayakan peringatan 50 tahun tahbisan imamat nya. Untuk menandai kesempatan itu, pada hari Senin, 4 November 2019, Kantor Filateli dan Numismatik Vatikan mengeluarkan dua perangko, yang merupakan reproduksi dua lukisan yang dibuat oleh pelukis Spanyol Raul Berzosa.

Perangko pertama, dengan nilai 1,10 euro, merupakan reproduksi lukisan “Jorge Bergoglio Muda”, sebagaimana dilaporkan oleh Keuskupan Malaga, Spanyol. “Sukacita tanggal 13 Desember 1969, menjelang Hari Minggu Adven III (Hari Minggu Gaudete atau Hari Minggu Sukacita), ketika beliau ditahbiskan menjadi imam”, jelas sang pelukis, mengomentari lukisan itu.

Bergoglio Muda

Terlukis di sisi kiri lukisan adalah Basilika Santo Yosef dari Flores, karena Bergoglio, berjalan pada suatu hari di musim semi, melewati Gereja daerah sekitar Flores tersebut untuk pergi mengaku dosa. “Di sanalah beliau merasakan Allah sedang memanggilnya” dan “beliau pergi dengan keyakinan untuk merangkul imamat”, kata sang pelukis asal Malaga itu.

Di sebelah kanan lukisan terdapat salah satu dari “devosi agung yang telah menemani Bergoglio hingga hari ini, ‘Bunda Maria Pengurai Simpul”. Beliau membawa <gambar tersebut> ke Buenos Aires setelah mempelajari gelarnya selama salah satu perjalanannya ke Jerman.  Warna kebiruan yang mendominasi kanvas mengacu pada Argentina”, jelas Berzosa.

 Perangko Kedua

Perangko kedua, dengan nilai 1,15 euro, memiliki gambar cetakan Paus Fransiskus sebagai Paus. Raul Berzosa menunjukkan bahwa lukisan itu “dipersembahkan untuk Sang Kerahiman”.

Paus Fransiskus tampil di garis depan memberkati orang yang melihatnya”, komentar sang pelukis. “Di sebelah kanan lukisan terdapat gambar Kristus Sang Kerahiman, devosi luar biasa lainnya yang dilakukan oleh Bapa Suci, yang tercermin dalam pencanangan tahun suci luar biasa yang dikenal sebagai Tahun Kerahiman. Di sebelah kiri lukisan terdapat bagian depan Basilika Santo Petrus Vatikan. Warna Vatikan, kuning tua dan putih, menonjol”.

Karya-karya Atas Permintaan Paus

Sang pelukis menyebutkan bahwa ini bukan pertama kalinya Vatikan menugaskannya untuk melukis guna memperingati peristiwa Paus. Pada tahun 2016 ia ditugaskan untuk melukis perayaan ulang tahun ke-80 Paus Fransiskus. “Lukisan-lukisan lainnya yang telah dibuat terdapat dalam perangko peringatan 50 tahun ensiklik Paus Paulus VI ‘Populorum Progressio’; peringatan 500 tahun kelahiran Santa Teresa dari Yesus, Santo Filipus Neri” dan Paskah 2018. Selain itu, banyak dari karya Berzosa telah mengilhami berbagai sampul tata ibadat di Vatikan dan tahun 2019 ini, Jalan Salib di Koloseum, yang dipimpin oleh Paus Fransiskus, Keuskupan Malaga menjelaskan.

( Peter Suriadi – Bogor, 7 November 2019 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *