Untaian Kasih Rukun Bogor Park

Dalam rangka memperingati Paskah 2019, Rukun Bogor Park Residence, Lingkungan Paulus, Wilayah Cipaku,  mengadakan Bakti Sosial di Panti Asuhan ABBA / Yayasan Bhakti Luhur, Parung, Sabtu (11/5). Sekitar 50 Peserta mengikuti kegiatan tersebut.

Tetes air mata pun tak terbendung ketika menyaksikan anak-anak difable Panti Asuhan ABBA melantunkan lagu  dan  gerak tari. Selayaknya seorang anak yang dilahirkan normal, tanpa hambatan. Keceriaan mereka dalam melantunkan musik dan lagu sebagai ungkapan selamat datang pada peserta yang hadir.

Menurut Fransiska Mellyawati selalu Ketua Panitia kegiatan,  “Paskahan ini bertujuan berbagi kasih dengan sesama, karena Tuhan Yesus sudah memberikan kasihNya lebih dulu kepada kita maka kita juga dipanggil membagikannya kapda sesame”. Biasanya Rukun Bogor Park Residence selalu merayakan Paskah dan Natal dilingkup rukun, Paskah kali ini mencoba mengadakan aksi kasih di luar.      

Selain pemberian sumbangan kegiatan ini juga diisi pelbagai hiburan tarian dan nyayian. Sr. Cicilia Rukiah,  ALMA. selaku Pimpinan Yayasan Bhakti Luhur, Parung mengucapkan banyak terima kasih kepada Rukun Bogor Park Resience yang telah  memberikan untaian kasih kepada  anak-anak panti.    

Menurut Suster Cicil, sebelum pindah ke Parung Yayasan Bhakti Luhur berada di Ciputat. Tetapi karena adanya pembangunan jalan Tol maka yayasan mencari alternatif tempat, dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun akhirnya menemukan tempat di Parung dan saat ini Panti Asuhan ABBA sudah masuk kedalam Keuskupan Bogor. Pada awalnya tidak mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan setempat, tetapi karena para pekerja juga mendatangi rumah-rumah sekitar menjalin komunikasi dan  mengurusi anak-anak difable di sekitar untuk mendapat pendidikan, maka akhirnya masyarakat pun menerima.

Saat ini anak-anak yang diasuh ada 85 anak dari usia balita hingga dewasa. Sebelum bisa mandiri dan diterima oleh keluarganya anak-anak tersebut tetap di tampung di panti. Selain tenaga medis yang dapat rutin berkunjung ke panti, saat ini yayasan juga memerlukan para dermaawan yang mau membiayai bila suatu saat anak-anak tersebut di panggil Tuhan. Karena untuk biaya pemakaman juga memerlukan dana yang tidak sedikit.     

Yayasan Bhakti Luhur adalah yayasan sosial yang memberi perhatian secara khas kepada para penyandang cacat yang miskin, terlantar dan dipinggirkan. Secara resmi Yayasan Bhakti Luhur berdiri pada tanggal 5 Agustus 1959 di  Madiun. Menapaki berbagai langkah waktu, pada tahun 1975 Pusat Bhakti Luhur dipindahkan ke Malang.

A. Sudarmanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *