PAUS EMERITUS BENEDIKTUS XVI Berulang Tahun ke-93

16 APRIL 2020 : PAUS EMERITUS BENEDIKTUS XVI BERULANG TAHUN KE-93

Ad multos annos, selamat ulang tahun Bapa Suci Paus Emeritus Benediktus XVI

Hari Kamis 16 April 2020, Paus Emeritus Benediktus XVI genap berusia 93 tahun. Biasanya, Paus Emeritus Benediktus XVI merayakan ulang tahunnya dengan bernuansa Bavaria – bahkan minum bir dan makan Bretzel beberapa tahun yang lalu.

Pada ulang tahun sebelumnya, kakaknya, Georg Ratzinger, 96 tahun, juga datang mengunjunginya. Namun tahun ini, hari istimewanya akan dihabiskan di kediamannya, Biara Bunda Gereja, Vatikan. Di sana beliau akan merayakan dengan orang-orang terdekatnya, termasuk sekretaris pribadinya, Georg Ganswein. Karena terkunci (lockdown), tidak pasti apakah Paus Fransiskus akan dapat melakukan kunjungan, seperti yang beliau lakukan di masa sebelumnya.

Paus Emeritus Benediktus XVI juga memiliki peringatan yang lain pada hari Minggu, 19 April 2020. Beliau akan merayakan 15 tahun penobatan sebagai Paus. Masa pontifikasinya berlangsung selama delapan tahun. Beliau mengunjungi lebih dari 20 negara dan menerbitkan tiga ensiklik dan tiga buku selama masa itu.

Selama tujuh tahun sebagai paus emeritus, beliau menjadi semakin lemah seiring bertambahnya usia. Beliau tetap di kediamannya, tetapi masih menyapa para kardinal baru setelah setiap konsistori. Yang terbaru adalah pada bulan Oktober 2019, ketika 13 kardinal baru pergi untuk menyapanya di kediamannya.

( Peter Suriadi – Bogor, 16 April 2020 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *