Kegiatan Kerasulan Keluarga Selama Masa Pandemi

Sebenarnya Kegiatan Sie Kerasulan Keluarga (SKK) di Paroki St. Fransiskus Assisi Sukasari (SFA) Bogor, dari tahun 2019 SKK sudah menyusun ada 12 program yang akan dijalankan di tahun 2020, diantaranya adalah Word Married Day (WMD) atau hari Ulang Tahun Sedunia yang telah dilaksanakan di Gereja St. Petrus Cianjur pada hari Minggu, 09 Febuari 2020 bersama Komisi Keluarga Keuskupan Bogor, Standarisasi Pengajar KPP yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 di Paroki Katedral, Seminar Remaja, Seminar Pasutri, Kunjungan Pelayanan Keluarga Pasutri Muda dan Pasutri Senior, mengadakan Rekoleksi, melakukan kegiatan rutin Pastoral Counceling Centre (PCC), menghadiri Rapat Komisi Keluarga Keuskupan dan mengadakan Kursus Perkawinan yang sekarang dikenal dengan Katakese dan Evangelisasi PraNikah. Dengan terjadinya pademi corona atau covid-19 sejak Maret 2020, hanya sebagian kegiatan SKK yang dapat dilaksanakan, karena menjaga jarak dan menjaga kesehatan sesuai dengan Protap Kesehatan.

Dalam keterbatasan ini, kami dari SKK SFA Bogor bersama tim PCC, telah membuat flyer dan membagikan via online melalui whatsapp, bahwa kami menyediakan konsultasi online dan jadwalnya dengan petugas-petugas PCC yang telah kami tunjuk (terlampir flyer yang telah kami buat), tetapi dari pantauan kami hingga hari ini, belum ada umat dari wilayah SFA yang berkonsultasi kepada tim PCC secara online.

Langkah berikutnya, dari SKK SFA telah berkonsultasi dengan Pastor Paroki yaitu Romo Markus Lukas untuk tetap mengadakan satu kegiatan yang sangat penting untuk pembekalan kehidupan perkawinan calon Pasutri yaitu Katakese dan Evangelisasi PraNikah yang tetap akan diadakan offline dengan memperhatikan Protap Kesehatan. Ada perubahan jadwal dan materi yang diberikan kepada calon Pasutri yaitu katakese yang selama ini dilakukan dalam 2 (dua) hari pertemuan dikurangi menjadi 1 (satu) hari pertemuan dan dari 8 materi dikurangi menjadi 5 materi yaitu Hukum dan Moral Perkawinan Katholik, Liturgi Perkawinan, Spiritualitas Perkawinan, Panggilan menjadi Orang Tua/ Pendidikan Iman Anak dan Manajemen Ekonomi Rumah Tangga.

Kegiatan Katakese dan Evangelisasi PraNikah telah dua kali dilaksanakan yaitu pada hari Sabtu 1 Agustus 2020, dan dihadiri oleh 20 calon Pasutri dan 3 Oktober 2020 yang dihadiri oleh 9 calon Pasutri. Kesan dan Pesan dari calon Pasutri, mereka merasa senang dan mendapat pengetahuan lebih mendalam tentang bagaimana menjadi suami dan istri yang baik mengikuti ajaran Katholik. Selesai materi, kegiatan ditutup dengan doa penutup dan pembagian sertifikat. Kami memohon dengan sangat kepada Allah Bapa di surga agar pademi corona ini bisa segera berlalu, agar seluruh kegiatan SKK SFA Bogor dan Sie-sie lainnya di Paroki SFA dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan program kerja yang telah direncanakan.

( S. Indra Wahyu )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *