Santo Antonius dari Padua dan Doa untuk menemukan barang-barang yang hilang

Mengapa Santo Antonius dari Padua dimohon pertolongannya untuk menemukan barang-barang yang hilang?

Santo Antonius dari Padua seringkali diminta tolong oleh umat Katolik agar dengan perantaraannya mereka dapat menemukan kembali barang yang hilang. Hal tersebut mengacu pada pengalaman hidupnya.

Santo Antonius mempunyai sebuah buku Mazmur yang sangat berarti baginya. Dalam buku Mazmur itulah ia menorehkan catatan-catatan atau komentar-komentar yang dipergunakannya untuk mengajar murid-muridnya di Ordo Fransiskus. Pada suatu ketika seorang novis (biarawan yang sedang menjalani masa percobaan) mulai bosan dengan kehidupan religius biara. Ia memutuskan untuk melarikan diri seraya membawa serta buku Mazmur Santo Antonius!

Ketika Santo Antonius mendapati buku Mazmurnya hilang, ia menjadi sangat sedih. Santo Antonius berdoa dengan sangat agar buku Mazmurnya segera diketemukan atau dikembalikan kepadanya. Tuhan menjawab doa Santo Antonius. Novis yang telah mencuri bukunya itu merasa tidak tenang jiwanya, sehingga akhirnya ia mengembalikan buku Mazmur itu kepada Santo Antonius. Santo Antonius mengampuni segala perbuatannya. Akhirnya, sang novis diterima kembali di biara.

DOA
Santo Antonius, peneladan Yesus yang sempurna, yang menerima dari Allah kuasa istimewa untuk menemukan kembali barang-barang yang hilang, sudi doakanlah agar aku dapat menemukan kembali (sebutkanlah barang, seseorang atau sifat/hal yang hilang darimu) yang hilang dariku. Setidaknya pulihkanlah dalam diriku, pikiran damai dan tenang, kehilangan yang menyiksaku dari kehilangan barang materiku. Bersama permohonan ini, aku mengajukan satu permohonan lain darimu; agar aku selalu memiliki kebaikan sejati yang adalah Allah, Sang Kebaikan Tertinggi. Jangan biarkan aku pernah menderita kehilangan harta pusakaku yang terbesar, yakni hidup abadi bersama Allah. Amin.

( Peter Suriadi – Bogor, 23 Juni 2020 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *