Pesan Video PAUS FRANSISKUS jelang kunjungan Apostoliknya ke Thailand

Pesan Video PAUS FRANSISKUS jelang kunjungan Apostoliknya ke Thailand (20-23 november 2019)

Sahabat-sahabat yang terkasih,

Menjelang perjalanan apostolik saya ke Thailand, saya menyapa kalian dengan kasih sayang.

Saya tahu bahwa, sebagai negara multi-etnik dan kaya akan keanekaragaman tradisi rohani dan budaya, Thailand telah bekerja keras untuk menggalakkan kerukunan dan hidup berdampingan secara damai, tidak hanya di antara rakyatnya tetapi di seluruh wilayah Asia Tenggara. Di dunia ini yang terlalu sering mengalami perselisihan, perpecahan, dan pengucilan, ketetapan hati untuk membentuk persatuan yang menghormati martabat setiap pria, wanita dan anak-anak ini dapat menjadi inspirasi bagi upaya-upaya yang dilakukan orang-orang yang berkehendak di seluruh dunia untuk menggalakkan pengembangan yang sungguh luar biasa dari keluarga manusiawi kita dalam kesetiakawanan, keadilan, dan hidup damai.

Selama perjalanan saya, saya akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan umat Katolik Thailand guna mendorong mereka dalam iman dan dalam sumbangsih yang mereka berikan kepada segenap masyarakat. Mereka adalah rakyat Thailand dan harus bekerja untuk tanah air mereka. Saya juga berharap untuk memperkuat ikatan persahabatan yang kami ikut sertakan dengan banyak saudara-saudari Buddhis yang memberikan kesaksian yang mengesankan tentang nilai-nilai toleransi dan kerukunan yang menjadi ciri khas bangsa kalian. Saya berharap agar kunjungan saya dapat membantu untuk menyoroti pentingnya dialog lintas agama, saling pengertian dan kerja sama persaudaraan, terutama dalam pelayanan terhadap kaum miskin, orang-orang yang paling membutuhkan, dan dalam pelayanan perdamaian : pada saat ini kita harus bekerja keras untuk perdamaian.

Saya tahu bahwa banyak orang sedang bekerja untuk mempersiapkan kunjungan saya, dan saya berterima kasih dengan sepenuh hati. Pada hari-hari ini, saya mengingat kalian semua, sahabat-sahabat yang terkasih, dalam doa-doa saya. Saya mendoakan kalian, keluarga-keluarga, negara kalian; dan tolong doakan saya juga. Terima kasih banyak.

( Dialihbahasakan dari bahasa Inggris oleh Peter Suriadi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *