Pekan Doa Sedunia Untuk Persatuan Umat Kristiani Hari Ke-6

Tema Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani tahun 2020 adalah “Mereka memperlihatkan kebaikan hati yang luar biasa” (bdk. Kis 28:2). Tema tersebut berlandaskan perikop Kitab Suci yang menggambarkan terdamparnya kapal yang ditumpangi Santo Paulus di Malta (Kis 27:18–28:10) serta mengedepankan cerminan perjalanan iman Santo Paulus dan juga keutamaan ekumenis keramahtamahan.

HARI 6 (Kamis, 23 Januari 2020)

Keramahtamahan : Menunjukkan kebaikan yang luar biasa

■ Kis 28:1-2,7

“Setelah kami tiba dengan selamat di pantai, barulah kami tahu, bahwa daratan itu adalah pulau Malta. Penduduk pulau itu sangat ramah terhadap kami. Mereka menyalakan api besar dan mengajak kami semua ke situ karena telah mulai hujan dan hawanya dingin. Tidak jauh dari tempat itu ada tanah milik gubernur pulau itu. Gubernur itu namanya Publius. Ia menyambut kami dan menjamu kami dengan ramahnya selama tiga hari”

■ Mzm 46

■ Luk 14:12-24

Permenungan

Setelah trauma dan pertikaian badai di lautan, kepedulian yang mudah dilaksanakan yang ditawarkan oleh penduduk pulau dialami sebagai kebaikan yang luar biasa oleh orang-orang yang tersapu ke pantai. Kebaikan seperti itu menunjukkan kemanusiaan kita bersama. Injil mengajarkan kita bahwa ketika kita peduli terhadap orang-orang yang berada dalam kesusahan, kita menunjukkan kasih kepada Kristus sendiri (bdk. Mat 25:40). Lebih jauh lagi, ketika kita menunjukkan kebaikan hati yang penuh kasih kepada orang-orang yang lemah dan terampas haknya, kita menyelaraskan hati dengan hati Allah yang di dalamnya kaum miskin memiliki tempat khusus. Orang-orang luar yang ramah, entah mereka adalah orang-orang berkebudayaan atau berkepercayaan lain, para imigran atau para pengungsi, sama-sama mengasihi Kristus sendiri, dan mengasihi sebagaimana yang dilakukan Allah. Sebagai umat Kristiani, kita dipanggil untuk melangkah dalam iman dan menjangkau semua orang dengan kasih Allah yang merangkul, bahkan orang-orang yang kita rasakan sulit untuk dikasihi.

Doa

Allah anak yatim, janda dan orang asing, tanamkanlah dalam hati kami rasa keramahtamahan yang mendalam. Bukalah mata dan hati kami ketika Engkau meminta kami untuk memberi-Mu makan, pakaian dan kunjungan. Semoga Gereja-gereja kami ikut serta dalam mengakhiri kelaparan, kehausan, dan keterasingan serta dalam mengatasi rintangan yang menghalangi penyambutan semua orang. Kami memohonkan semua ini dalam nama Yesus Putra-Mu, yang hadir di antara saudara-saudari kami yang paling kecil. Amin.

(Peter Suriadi – Bogor, 23 Januari 2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *