PAUS FRANSISKUS Berdoa Rosario untuk memohon berakhirnya Pandemi COVID-19

PAUS FRANSISKUS BERDOA ROSARIO UNTUK MEMOHON BERAKHIRNYA PANDEMI COVID-19 BERSAMA RIBUAN UMAT DI SELURUH DUNIA (30 Mei 2020)

Pada hari Sabtu, 30 Mei 2020, Paus Fransiskus, bersatu dengan ribuan orang di seluruh dunia, berdoa rosario memohon pertolongan Bunda Maria untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Paus Fransiskus bersama dengan sekitar 130 orang berkumpul di Gua Lourdes, Taman Vatikan serta ribuan orang menonton dan mendengarkan melalui televisi, radio, dan mimbar digital. Ketika mereka berdoa, gambar-gambar dari berbagai tempat ziarah Maria di seluruh dunia muncul di layar besar Gua Lourdes Vatikan dan di layar-layar lainnya orang-orang yang terhubung dengan acara tersebut.

Pendarasan Rosario untuk Peristiwa Mulia I dipimpin oleh seorang dokter dan seorang perawat atas nama semua tenaga medis yang berdedikasi di garis depan di rumah sakit untuk mendoakan para dokter, para perawat dan semua tenaga medis.

Peristiwa Mulia II dipimpin oleh seseorang yang telah pulih dari virus Covid-19 dan seseorang yang kehilangan anggota keluarga untuk mewakili mereka yang secara pribadi telah terkena virus Covid-19 untuk mendoakan seluruh aparat militer, pasukan keamanan, pemadam kebakaran dan semua sukarelawan.

Peristiwa Mulia III dipimpin oleh seorang imam rumah sakit dan seorang biarawati yang merupakan seorang perawat untuk mewakili semua imam dan para pelaku hidup bakti yang berada di dekat orang-orang yang sedang menderita penyakit untuk mendoakan para imam dan para pelaku hidup bakti yang melayani sakramen-sakramen dan kata-kata penghiburan Kristiani untuk orang-orang sakit. Kita diingatkan bahwa beberapa dari mereka telah kehilangan nyawa dalam melayani umat.

Peristiwa Mulia IV dipimpin oleh seorang apoteker dan seorang jurnalis untuk menyoroti orang-orang yang terus memberikan pelayanan berharga untuk kepentingan orang lain selama masa pandemi untuk mendoakan orang-orang yang menghadapi ajal, terutama orang-orang yang menghadapi ajal sendirian, orang-orang yang telah meninggal, dan keluarga-keluarga yang masih meratapi kematian sanak keluarga mereka.

Peristiwa Mulia V dipimpin oleh seorang anggota Pelayanan Perlindungan Sipil Italia dengan keluarganya, mewakili semua orang yang pekerjaannya tertuju untuk mengelola krisis ini dan juga dunia para sukarelawan yang pantang mundur untuk memberikan kesaksian cinta kasih, dan dilanjutkan oleh pasutri muda yang baru-baru ini memiliki momongan, tanda pengharapan dan kemenangan hidup atas maut. Misteri ini didoakan bagi semua orang agar semakin kuat dalam iman dan pengharapan, bagi para tunakarya, bagi orang-orang yang sendirian dan semua bayi yang telah lahir ke dunia.

Di awal dan akhir pendarasan doa Rosario, Paus Fransiskus mendaraskan doa yang beliau sarankan digunakan untuk menemani berdoa Rosario sepanjang bulan Mei. Setelah menyampaikan berkat apostoliknya, Paus Fransiskus mengucapkan beberapa kata spontan untuk menyapa umat yang terhubung di Tempat Ziarah Bunda Maria dari Guadalupe dan tempat ziarah Maria di Amerika Latin lainnya : “Kepada semua tempat ziarah Maria di Amerika Latin – Guadalupe dan banyak lainnya – yang terhubung dengan kami, bersatu dalam doa, saya menyapa kalian dengan bahasa ibu saya sendiri : terima kasih sudah dekat. Semoga Bunda Maria dari Guadalupe menyertai kita!”.

Kira-kira 50 tempat ziarah Maria terhubung selama saat doa tersebut. Di antaranya adalah tempat ziarah Maria dari Guadalupe di Meksiko, tempat ziarah Maria dari Fatima di Portugal, tempat ziarah Maria dari Lourdes di Prancis, tempat ziarah Maria Dikandung Tanpa Noda di Amerika Serikat, tempat ziarah Maria Walsingham di Inggris, tempat ziarah Maria Pompeii, tempat ziarah Maria Kasih Ilahi dan Pietrelcina di Italia, tempat ziarah Maria dari Lujan di Argentina, tempat ziarah Maria dari Knock di Irlandia, tempat ziarah Maria dari Aparecida di Brasil, tempat ziarah Maria Para Malaikat di Asisi, tempat ziarah Maria Notre Dame di Kanada dan Basilika Kabar Sukacita di Israel.

( Peter Suriadi – Bogor, 31 Mei 2020 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *