Homili PAUS FRANSISKUS dalam Misa 25 Maret 2020 - Paroki St. FRANSISKUS ASISI - Sukasari

Homili PAUS FRANSISKUS dalam Misa 25 Maret 2020

HOMILI PAUS FRANSISKUS DALAM MISA 25 Maret 2020 : KITA BERHADAPAN DENGAN SEBUAH MISTERI
(https://pope-at-mass.blogspot.com/2020/03/homili-paus-fransiskus-dalam-misa-25.html)

Bacaan Ekaristi : Yes. 7:10-14 ; 8: 10; Mzm. 40:7-8a,8b-9,10,11; Ibr. 10:4-10; Luk. 1:26-38.

Paus Fransiskus mengawali Misa Hari Raya Kabar Sukacita pada hari Rabu pagi, 25 Maret 2020, di Casa Santa Marta, Vatikan, dengan mengumumkan bahwa Misa dihadiri oleh para biarawati Putri-putri Cinta Kasih Santo Vinsensius a Paulo. Dua biarawati tarekat tersebut hendak memperbarui kaul bersama-sana semua saudara saudari mereka di seluruh dunia. Para biarawati ini mengelola klinik Santa Marta selama 98 tahun. Di sana, para biarawati memberikan bantuan medis kepada anak-anak dan keluarga-keluarga yang membutuhkan. Klinik ini terletak sangat dekat dengan kediaman Paus di dalam Vatikan.

“Saya ingin mempersembahkan Misa hari ini, untuk mereka, untuk kongregasi mereka, yang selalu merawat orang-orang sakit dan orang-orang paling miskin, seperti yang telah mereka lakukan di sini selama 98 tahun”. Ujud doa ini juga diperluas untuk “seluruh biarawati yang sedang bekerja pada saat ini, sedang merawat orang-orang sakit dan juga mempertaruhkan hidup mereka dan memberikan hidup mereka”.

Paus Fransiskus mengawali homilinya dengan mengacu pada Bacaan Injil (Luk. 1:26-38). Beliau mengatakan Lukas tahu apa yang akan terjadi “karena Bunda Maria sendiri yang memberitahunya”. “Mendengarkan Injil Lukas, kita mendengarkan Bunda Maria yang menceritakan misteri ini. Kita berhadapan dengan sebuah misteri. Mungkin hal yang terbaik yang dapat kita lakukan sekarang adalah membaca kembali perikop ini, memikirkan adalah Bunda Maria lah yang menceritakannya”.

Paus Fransiskus kemudian membaca seluruh Bacaan Injil hari itu sekali lagi. Kata-kata terakhir Bapa Suci adalah : “Ini adalah sebuah misteri”.

Sebelum melanjutkan liturgi, dua biarawati Putri-putri Cinta Kasih Santo Vinsensius a Paulo memperbarui kaul mereka dengan keheningan.

( Peter Suriadi – Bogor, 25 Maret 2020 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *