Doa PAUS FRANSISKUS untuk Komuni Rohani selama wabah Virus Corona

PESAN VIDEO PAUS FRANSISKUS DALAM RANGKA DOA ROSARIO PERISTIWA TERANG SERENTAK DI SELURUH ITALIA UNTUK MEMOHONKAN PEMBEBASAN DARI WABAH VIRUS CORONA (Kamis, 19 Maret 2020 pukul 19.00)

Saudara-saudari yang terkasih,

Saya mempersatukan diri dengan saat doa yang digagas oleh Konferensi Wali Gereja [Italia], sebagai tanda kesatuan terhadap seluruh negeri.

Dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, yang di dalamnya segala sesuatunya tampak sedang remuk redam, marilah kita saling membantu untuk berpegang teguh pada apa yang sebenarnya penting. Inilah nasehat yang telah saya terima dalam surat-surat dari para gembala kalian yang, dengan ambil bagian dalam saat yang sungguh dramatis, berusaha untuk menopang pengharapan kalian dan iman kalian dengan kata-kata mereka.

Rosario adalah doa orang-orang yang rendah hati dan doa para kudus. Dalam misteri-misterinya, mereka merenungkan, bersama dengan Maria, kehidupan Yesus, wajah Bapa yang penuh belas kasih. Ya, alangkah kita semua sungguh perlu dihibur, dibalut dengan kehadiran yang penuh kasih!

Kita menakar kebenaran pengalaman ini melalui hubungan kita dengan sesama. Pada saat ini, mereka adalah kerabat kita yang terdekat. Marilah kita saling mendekat, menjadi pelopor amal kasih, pemahaman, kesabaran dan pengampunan.

Meskipun kalian mungkin terkurung di rumah-rumah kalian sendiri, perkenankanlah hati kalian membentang sehingga ia dapat tersedia dan menyambut semua orang.

Malam ini, kita berdoa bersama, mempercayakan diri kepada pengantaraan Santo Yusuf, Penjaga Keluarga Kudus, Penjaga seluruh keluarga kita. Bahkan sang tukang kayu dari Nazaret tersebut memahami kegentingan dan kepahitan tersebut. Meskipun ia khawatir akan masa depan, ia tahu bagaimana menjalani kegelapan saat-saat tertentu, senantiasa memperkenankan dirinya dibimbing oleh kehendak Allah tanpa keberatan.

Doa kepada Santo Yusuf

Lindungilah, wahai Sang Pengaja yang kudus, Penjaga bangsa kami ini.

Cerahkanlah mereka yang bertanggung jawab atas kebaikan bersama, sehingga mereka sudi memahami – seperti engkau – bagaimana merawat orang-orang yang dipercayakan pada tanggung jawab mereka.

Berikanlah kecerdasan pengetahuan kepada mereka yang mengusahakan sarana yang memadai untuk kesehatan dan kesejahteraan jasmani saudara-saudari mereka.

Topanglah mereka yang menghabiskan diri untuk orang-orang yang membutuhkan, bahkan dengan mengorbankan keselamatan mereka sendiri : para sukarelawan, para perawat, para dokter yang berada di garis depan dalam menyembuhkan orang-orang sakit.

Berkatilah, wahai Santo Yusuf, Gereja : dimulai dari para pejabatnya, jadikanlah ia tanda dan alat terangmu dan kebaikanmu.

Dampingilah, wahai Santo Yusuf, keluarga-keluarga kami : dengan keheningan doamu, ciptakanlah kerukunan di antara para orangtua dan anak-anak mereka, khususnya dengan anak bungsu.

Peliharalah kaum lanjut usia dari kesepian : anugerahkanlah agar tak seorang pun boleh dibiarkan kehilangan harapan karena terabaikan dan putus asa.

Hiburkanlah mereka yang paling lemah, berilah semangat mereka yang goyah, jadilah perantara bagi kaum miskin.

Bersama Bunda Maria, mohonkanlah agar Tuhan membebaskan dunia dari segala bentuk wabah penyakit.

Amin.

( Peter Suriadi – Bogor, 20 Maret 2020 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *